Apa Itu Backlink pada Website dan Jenisnya?

Saat Anda menanyakan, apa strategi penting untuk mengoptimasi SEO? Maka salah satu jawabannya adalah backlink. Namun, apa itu backlink pada website?

Pemula terutama orang yang tidak memiliki website tentu kurang mengerti dengan apa itu backlink pada website. JIka Anda salah satunya, maka simak info berikut.

Pengertian Backlink

Backlink adalah link yang berasal dari website lain yang mengarah ke website Anda. Penempatannya bisa pada text dan bisa juga pada gambar.

Lantas, mengapa backlink itu penting? Pada dasarnya backlink digunakan untuk mengoptimasi SEO yang tidak hanya bermanfaat untuk mesin pencari tapi juga user.

Untuk user atau visitor, adanya backlink tersebut bisa mengarahkan ke pranala lain yang dianggap sebagai rujukan dari link tersebut. Di sisi lain, untuk mesin pencari, backlink dipergunakan untuk penunjuk arah. Dengan begitu, mesin pencari bisa menemukan, crawling dan mengindeks link tujuan tersebut.

Jadi, semakin banyak backlink yang diindeks yang mengarah ke website atau halaman website Anda, artinya, website Anda semakin berkualitas.

Lho, jadi, tidak semua backlink berkualitas? Tepat sekali. Ada backlink yang kurang berkualitas dan ada yang berkualitas. Backlink yang berkualitas inilah yang bisa memberikan efek positif untuk website Anda, misalnya meningkatkan trafik blog.

Sedangkan backlink yang kurang berkualitas, maka akan membuat kualitas website Anda juga menurun. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan penempatan ataupun penanaman backlink tersebut.

Jenis Backlink

Pada dasarnya ada 2 jenis backlink yaitu:

  1. Dofollow: backlink yang mencantumkan link tujuan sehingga bisa diindeks oleh google. Jadi, umumnya, link dofollow ini ditempatkan di website yang berkualitas.
  2. Nofollow: link yang tidak bisa diklik. Biasanya, jenis backlink ini ditempatkan di website yang kurang berkualitas dan untuk menjaga trafik atau flow blog yang dimiliki.

Cara Membangun Backlink

Apa Itu Backlink pada Website dan Jenisnya?
Apa Itu Backlink pada Website dan Jenisnya?

Untuk membangun backlink, Anda bisa menggunakan https://www.sribu.com/id/cat/jasa-backlink-pbn yang professional dan terpercaya. Namun, jika Anda hendak membangunnya sendiri, maka setidaknya lakukan cara berikut ini:

  1. Buat konten yang berkualitas sehingga bisa dijadikan rujukan oleh pengguna lainnya.
  2. Melakukan blog walking.
  3. Meninggalkan komentar yang relevan dengan apa yang sedang dibahas dan tidak spam.
  4. Melakukan guest blogging di website dengan niche yang relevan dengan niche milik Anda.
  5. Gunakan anchor text yang tepat dan bervariasi.
  6. Hindari menyisipkan terlalu banyak link dalam 1 artikel.
  7. Jangan meninggalkan backlink lebih dari 10 backlink per harinya agar tidak dianggap spam oleh mesin pencari.
  8. Membangun relasi dengan pemilik website yang lainnya.
  9. Bangun website yang berkualitas. Untuk mengecek kualitasnya, Anda bisa menggunakan tools seperti Ahref atau Moz.
  10. Mengintip dan menganalisa competitor agar Anda bisa memnbangun backlink yang lebih baik.
  11. Membagikan postingan di sosial media.

Dengan cara tersebut, Anda bisa membangun backlink yang baik dan benar. Jadi, Anda sudah mengerti ya apa itu backlink pada website. Jika sudah, Anda bisa mencoba memulai menanamkan backlink agar website Anda semakin dikenal oleh pengguna internet yang lainnya.

More Articles for You

5 Tools Membuat Artikel Terbaik untuk Content Marketing

Konten yang berkualitas harus dihasilkan oleh penulis content marketing, beruntungnya kini terdapat tools membuat artikel untuk content marketing. Dengan demikian …

5 Cara Menulis Artikel SEO dengan Tepat

Sebagai SEOrang penulis, Anda harus mempelajari cara menulis artikel SEO yang benar agar mudah ditelusuri mesin pencari. Karena sejak digital …

Tips Membangun Desain Rumah Idaman

Setiap orang memiliki gambaran tentang desain rumah idaman yang ingin dibangun. Sayangnya, tidak semua orang mampu mewujudkan impiannya tersebut karena …

3 Denah Rumah Minimalis 4 Lantai

Diantara dari Anda mungkin memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, misalnya 4-5 orang. Banyaknya anggota ini tentu akan menjadi pertimbangan …

Membuat Desain Kemasan Snack Unik

Sekarang ini bisnis yang bergerak di bidang food and beverage semakin berkembang pesat. Terutama di masa pandemi seperti ini, banyak …

Membuat Desain Kemasan yang Bagus Dengan Cepat

Apakah anda akan membuat kemasan atau packaging dari produk brand anda namun anda masih bingung mengenai harus seperti apa anda …