Cara Deface Website dengan 3 Teknik Peretasan Canggih

Cara deface website bisa dilakukan dengan berbagai metode. Sebelumnya, Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan deface. Istilah ini semakin populer di kalangan programmer dan praktisi IT Security. Deface adalah salah satu teknik menyerang website dengan jalan mengubah tampilan situs secara ilegal. Dikatakan ilegal karena hacker mengubah tampilan situs tanpa memiliki wewenang atau ijin dari administrator.

Biasanya, hacker terdiri dari satu grup yang bekerja sama untuk mencari dan memanfaatkan celah keamanan website. Setelah berhasil mendapatkan akses, hacker akan mengubah tampilan situs dengan script yang sudah mereka siapkan. Teknik ini bisa merugikan pemilik website karena situs tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kasus ini sangat banyak menimpa website Bandung. Sangat penting untuk memahami teknik defacing agar Anda bisa menghindarinya.

3 Cara Deface Website

  • Phishing

Cara deface website yang pertama adalah dengan metode phishing. Teknik ini diambil dari kata fishing yang artinya memancing. Sesuai namanya, phishing dilakukan dengan memancing user yang memiliki privilege untuk memberikan informasi penting seperti username dan password. Biasanya, phishing dilakukan dengan mengirimkan email tipuan berisi sebuah link.

Tipuan dilakukan seolah-olah email dikirim oleh pihak resmi yang meminta penerima email untuk mengakses link yang tercantum di dalamnya. Setelah membuka link, user akan diarahkan ke sebuah situs yang sudah disiapkan oleh hacker berisi kolom username dan password. Kalau user terpancing, informasi yang mereka masukkan akan dikirim ke database hacker untuk melakukan deface.

  • SQL Injection

Cara deface website yang kedua adalah menggunakan SQL injection. Teknik ini dilakukan dengan menginjeksi basis data dengan script SQL jahat. Script ini sudah disiapkan oleh hacker untuk menyusupi database target dan mengubah sebagian tampilan situs.

Script SQL Injection sudah banyak tersebar di internet. Cara mengantisipasinya pun banyak dibahas di berbagai forum. Meskipun begitu, hacker dengan kemampuan tinggi bisa memodifikasi script atau membuat script baru yang belum dapat diatasi oleh sistem keamanan website saat ini.

  • Shell Backdoor

Cara deface website yang satu ini dilakukan dengan memanfaatkan celah keamanan website. Hacker memerlukan waktu untuk menganalisis dan mencari kelemahan pada website target. Celah keamanan bisa ditemukan di berbagai titik seperti port atau page form yang masih rentan.

Usai menemukan celah, hacker akan mengirimkan script jahat yang sering disebut dengan shell backdoor. Shell ini bertujuan agar hacker mendapatkan akses penuh ke root yang berarti kontrol tanpa batas pada keseluruhan isi website. Hasilnya, hacker bisa melakukan full deface yang berakibat pada peretasan total pada seluruh halaman situs.

Antisipasi Cara Deface Website dengan Update Keamanan

Standar keamanan website terus diperbarui dari waktu ke waktu. Anda harus rajin mencari informasi dan mempelajari tips-tips terbaru mengenai keamanan sebuah website. Setelah memahami cara deface website, Anda bisa lebih berhati-hati dan mengantisipasi setiap celah yang ada di situs Anda agar tidak menjadi korban selanjutnya.

More Articles for You

3 Cara Membuat Website dengan Mudah dan Murah

Membuat website bisa dilakukan dengan banyak cara. Untuk orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang web development, topik ini sudah seperti …

Ingin Memakai Jasa SEO Website Bandung? Simak Ulasan Berikut Ini

Pada saat ini ada banyak penyedia jasa SEO website Bandung. Namun anda harus ketahui bahwa ada beberapa jasa bisa digunakan …

Anda Ingin Pelatihan Website Bandung? Simak Pembahasannya Berikut Ini

Apakah anda ingin pelatihan website Bandung? Anda tak perlu khawatir dengan hal ini. Sebab, saat ini ada banyak tempat yang …

5 Contoh Desain Web Bagi Pemula Yang Keren Dan Menarik

Anda masih pemula dalam dunia desain web? Mungkin anda dapat melihat beragam macam jenis contoh situs web yang telah tersedia …

Bagaimana Cara Desain Web Di WordPress?..

Merancang sebuah website WordPress dengan cara yang sendiri, mungkin ini terasa seperti tugas yang cukup berat. Tapi, mau tidak mau …

Belajar dari Desain Logo Sribu yang Lolos Seleksi dan Siap Kontes

Banyak yang bertanya, seperti apa kriteria desain logo Sribu yang lolos dan diterima untuk menjadi freelancer? Sribu memang tidak serta-merta …