Adakah Cara Mencari Backlink Edu Dan Gov?

Situs pemerintah (gov) dan pendidikan (edu) termasuk situs yang paling susah didapatkan backlink-nya. Namun, setelah Anda mendapatkan backlink di situs tersebut, maka kualitas website Anda akan meningkat. Maka dari itu, walaupun ada cara mencari backlink edu dan gov, Anda tetap perlu cermat saat mengaplikasikan caranya.

Apa saja caranya? Beriku beberapa cara mencari backlink edu dan gov yang bisa Anda aplikasikan:

  • Menggunakan .edu Blog

Cara pertama adalah dengan menggunakan blog tentang pendidikan. Anda bisa memasukkan query berikut di kolom pencarian Google:

Site:.edu inurl:blog “post a comment”

Lantas, apa arti query yang dituliskan di kolom pencarian? Artinya, yaitu:

  1. Site:.edu :merujuk pada blog atau website yang berekstensi .edu.
  2. Post a comment: poskan komentar karena tidak semua website pendidikan menyediakan fitur komentar yang bisa Anda titipi link.

Di bagian belakang post a comment juga bisa dilengkapi dengan keyword. Dengan begitu, Anda akan bisa mendapatkan blog yang lebih spesifik sesuai dengan keyword yang disematkan.

Cara ini disebut dengan teknik footprint. Jadi, Anda akan menghemat waktu Anda untuk blogwalking di blog pendidikan.

Selain query di atas, ada beberapa query lainnya yang bisa Anda gunakan dan modifikasi, yaitu:

  1. Site:.edu inurl:blog “post a comment” –“comments closed” –“you must be logged in”
  2. Site:.edu “powered by ExpressionEngine” site:.edu inurl:blog “post a comment”

Untuk mencari situs pemerintah, Anda bisa mengganti site:.edu menjadi site:.gov.

Adakah Cara Mencari Backlink Edu Dan Gov?
Adakah Cara Mencari Backlink Edu Dan Gov?
  • Menggunakan .edu Forum Profile

Selain menggunakan blog, Anda bisa juga menggunakan forum profile di situs pendidikan. Biasanya, forum pendidikan hanya untuk kalangan tertentu dan punya peraturan tersendiri. Jadi, perhatikan peraturan atau ketentuannya sebelum Anda meninggalkan backlink.

(baca: apa itu backlink pada website)

  • Menjadi Sumber

Tidak selamanya, ketika Anda meninggalkan backlink, Anda harus menyalin sumber dari website lain. Anda justru bisa mencoba menjadi sumber itu sendiri.

Misalnya, Anda melakukan peliputan khusus di tempat tertentu yang sekiranya dibutuhkan oleh pemerintah atau pihak di bidang pendidikan.

Dari liputan khusus tersebut, Anda bisa menuliskannya ke website Anda. Setelah itu, Anda bisa menawarkannya ke website pendidikan/pemerintah mengenai apa yang Anda temukan.

Jika pihak pemilik web edu dan gov bersedia, maka Anda bisa membagikan link dan link tersebut akan disematkan atau dicantumkan di konten yang dibuat.

Namun, apapun cara yang Anda gunakan, akan lebih baik untuk menyediakan konten yang berkualitas. Dari konten berkualitas tersebut, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan backlink bukan hanya di edu dan gov tapi juga website lainnya.

Itulah beberapa cara mencari backlink edu dan gov yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk tetap meninggalkan atau menggunakan backlink secara natural dan tidak berlebihan agar tidak dianggap spam. Selamat mencoba!

More Articles for You

5 Tools Membuat Artikel Terbaik untuk Content Marketing

Konten yang berkualitas harus dihasilkan oleh penulis content marketing, beruntungnya kini terdapat tools membuat artikel untuk content marketing. Dengan demikian …

5 Cara Menulis Artikel SEO dengan Tepat

Sebagai SEOrang penulis, Anda harus mempelajari cara menulis artikel SEO yang benar agar mudah ditelusuri mesin pencari. Karena sejak digital …

Tips Membangun Desain Rumah Idaman

Setiap orang memiliki gambaran tentang desain rumah idaman yang ingin dibangun. Sayangnya, tidak semua orang mampu mewujudkan impiannya tersebut karena …

3 Denah Rumah Minimalis 4 Lantai

Diantara dari Anda mungkin memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, misalnya 4-5 orang. Banyaknya anggota ini tentu akan menjadi pertimbangan …

Membuat Desain Kemasan Snack Unik

Sekarang ini bisnis yang bergerak di bidang food and beverage semakin berkembang pesat. Terutama di masa pandemi seperti ini, banyak …

Membuat Desain Kemasan yang Bagus Dengan Cepat

Apakah anda akan membuat kemasan atau packaging dari produk brand anda namun anda masih bingung mengenai harus seperti apa anda …